Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan Anak


Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan Anak

Faringitis atau radang tenggorokan merupakan kondisi di mana bagian tenggorokan mengalami peradangan. Di Indonesia sendiri kondisi yang satu ini juga dikenal dengan istilah panas dalam. Radang yang terjadi pada bagian tenggorokan memang sering kali menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Terlebih lagi jika terjadi pada anak-anak.

Penyebab Panas Dalam Pada Bayi yang Paling Sering Terjadi

Masalah yang satu ini memang sangat umum terjadi pada anak-anak. Bagi orang dewasa, masalah ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga sakit saat menelan. Terlebih lagi jika dirasakan oleh bayi atau anak-anak yang belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya. Tentu Anda akan merasa kebingungan dan tidak tega saat melihatnya bukan?

Pada umumnya infeksi ini disebabkan karena virus yang masuk dan berkembang sehingga memunculkan gejalanya. Radang biasanya disebabkan karena virus influenza, adenovirus, dan virus herpes. Tak hanya itu saja, ada juga radang yang disebabkan karena bakteri Streptococcus dan Corynebacterium diphtheriae meski sangat jarang terjadi.

Mengenali Gejala Radang Pada Bayi

Pada umumnya radang yang terjadi pada bayi akan berlangsung selama 3 hingga 4 hari. Beberapa gejala yang mungkin terjadi antara lain seperti pilek, batuk yang disertai lendir, suara serak, demam, amandel yang memerah, hingga muntah yang disertai kesulitan menelan. Biasanya bayi yang terkena radang akan rewel dan kehilangan nafsu makannya.

Selian beberapa gejala tersebut Anda juga harus mewaspadai beberapa gejala lain seperti kesulitan menelan dan bernapas, leher tampak kaku dan bengkak, demam tanpa alasan, hingga mengeluarkan air liur yang berlebihan. Jika si kecil sudah menunjukkan gejala tersebut, segera kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sebelum kondisinya semakin parah.

Mengatasi Radang Pada Bayi

Cara mengatasi radang sebenarnya harus berdasarkan penyebabnya. Hanya sekadar untuk informasi jika radang akibat virus sebenarnya tidak bisa diobati. Hanya saja gejalanya dapat diatasi. contohnya dengan memberikan obat tetes hidung untuk membantu mengatasi mampet. Selain itu, Anda juga bisa memberikan obat pereda demam untuk meredakan demamnya.

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika sang buah hati mengalami radang atau panas dalam adalah usahakan untuk selalu memberikan cairan yang cukup. Terutama ASI jika sang buah hati masih mendapatkan ASI. Mengapa? Sebab tindakan yang satu ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada bagian tenggorokan.

Meski demikian perlu Anda ingat, jangan pernah memberikan obat radang apa pun untuk bayi usia di bawah 4 bulan. Sebelum memberinya obat, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberikan obat tanpa resep dokter pada bayi usia di bawah 4 tahun.

Meski radang atau panas dalam merupakan salah satu kondisi yang wajar dialami oleh anak-anak. Namun penting juga bagi Anda untuk melakukan tindakan pengobatan yang tepat sebelum gejalanya semakin memburuk. Nah di atas sendiri merupakan beberapa informasi seputar penyebab, gejala, dan cara mengatasi radang tenggorokan pada anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan Anak"

Posting Komentar