Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan Ketika Mencari Rumah Kontrakan


 Setelah mengetahui lokasi, luas bangunan dan juga harganya, masih terdapat beberapa hal penting lainnya yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk menempati rumah kontrakan incaran anda. Karena bila salah sedikit saja di dalam pengambilan keputusan, dikhawatirkan anda dapat merasa tidak betah dan kembali repot dengan urusan pindahan rumah yang sangat menghabiskan waktu dan tenaga.


Jika anda tidak ingin kejadian seperti  itu terulang pada diri anda, sebaiknya anda mengikut 5 langkah berikut ini :

1. Tahap Awal


Sebelum anda menandatangani surat kontrak rumah hunian, entah itu rumah ataupun apartemen, terdapat beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Pastikan terlebih dahulu anda tahu dan mengerti perihal jangka waktu sewa. Dimulai dari hari pertama hingga dengan kapan harus pindah rumah harus benar-benar dipahami dan diperhatikan. Mengenai biaya deposit, ada beberapa apartemen yang mengharuskan penyewanya untuk meninggalkan sejumlah uang untuk tujuan deposit. Sedangkan mengenai tanggal pembayaran jangan hingga anda terlewatkan tanggal waktunya. Ketahui dengan perjanian pembayarannya perbulan atau pertahun. Sebab kalau ada keterlambatan bisa saja anda akan dikenakan denda atau minimal mendapat peringatan.

2. Penghuni

Pada waktu mulai meninggali rumah kontrakan yang baru, pemilik memang membebaskan kepada anda untuk membawa siapapun untuk tinggal dengan anda dirumah itu. Akan tetapi tidak ada salahnya kalau anda memperlihatkan informasi kepada si pemilik rumah supaya tahu dengan siapakah anda tinggal. Siapapun itu sepantasnya anda beritahukan dulu kepada pemilik rumah walaupun itu yakni pasangan, kakak, adik bahkan orang tua anda sendiri. Disamping itu kalau anda ingin memelihara binatang peliharaan di rumah, maka andapun harus meminta izin kepada sang pemilik rumah. Beberapa jenis binatang seperti anjing dan kucing dapat meninggalkan noda dan juga wangi yang sangat berbeda di hunian kontrakan anda. Walaupun hal ini kelihatannya sepele, tetapi ini merupakan hal yang sangat mungkin menjadi pemicu permasalahan di kemudian hari.

3. Hitam Diatas Putih

Fakta yang ada banyak para pengontrak rumah yang ada di Indonesia mengabaikan pentingnya menuliskan hal-hal yang rinci diatas selembar kertas ketika menciptakan kesepakatan sewa. Berbeda dengan surat jual-beli rumah, surat perjanjian sewa tidaklah menuliskan hal-hal yang detail dan rinci. Padalah sebetulnya hal ini sanggup saja merugikan kedua belah pihak. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman di waktu yang akan datang, tidak masalah jika anda meminta untuk dibuatkan surat pernjanjian kepada si pemilik rumah.

4. Kondisi Rumah

Seringkali pemilik rumah tidak menyebutkan kondisi asli dari rumah yang beliau kontrakkan kepada calon penyewa sehingga sesudah ditempati barulah terlihat  kondisi yang sebenarnya. Dengan menyertakan kondisi rumah yang baik dan layak contohnya bebas dari rayap, tikus dan airnya higienis maka anda dapat  dengan damai meninggali rumah tersebut  tanpa harus was-was dan melaksanakan banyak sekali perbaikan di kemudian hari. Kalau ditemukan dilema ketika anda baru saja menempati rumah kontrakan tersebut, anda mempunyai hak untuk meminta kepada pemilik rumah untuk melaksanakan renovasi yang memang semestinya jadi tanggung jawabnya.

5. Renovasi

Yang menjadi dilema bagi kebanyakan para pengontrak rumah yakni adanya dilema ketika hendak melaksanakan renovasi terhadap rumah yang mereka sewa. Kalau ingin melaksanakan beberapa perubahan seperti pengecatan rumah ataupun tekstur dinding, maka anda harus bertanya terlebih dahulu dan menyepakatinya dengan sang pemiliki rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan Ketika Mencari Rumah Kontrakan"

Posting Komentar