6 Hal Yang Harus Anda Tau Sebelum Membeli Jam Tangan Kinetik



 Jam tangan kinetik menggunakan gerakan badan pemakainya sebagai sumber energi untuk menjaga jam tetap hidup. Jam kinetik tidak memerlukan baterai. Asal sering dipakai, jam tangan akan tetap hidup. Gerakan tangan pemakai akan menciptakan jam kinetic yang menghasilkan muatan magnet yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik yang diharapkan oleh jam semoga berjalan normal.


1.Sejarah Jam Tangan Kinetik


Jam tangan kinetik pertama kali ditemukan oleh Seiko pada tahun 1988 di Jerman. Pada awalnya jam ini dinamakan “Auto-Quarts” namun namanya dirubah menjadi “Kinetik” oleh Seiko di tahun 1977.

2.Cara Kerja Jam Tangan Kinetik



Jam tangan ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan jam tangan otomatis. Menurut Kohls, gerakan tangan si pemakainya lah yang menciptakan kedua jam tangan ini bergerak namun prosesnya lah yang berbeda. Alih – alih digerakan oleh rotor, jam kinetik digerakan oleh pemberat yang berayun didalamnya secara konstan ketika digunakan oleh seseorang. Pemberat itu terbuat dari belahan quarts yang bergetar stabil didalamnya yang dikonversikan menjadi tenaga listrik yang disimpan dalam kapasitor.


3.Keuntungan


Beberapa keuntungan jam tangan kinetik antara lain irit energi dan mempunyai akurasi tinggi. Ketika beroperasi dengan benar, jam tangan ini tidak memerlukan baterai sama sekali. Jam tangan kinetik model terbaru bahkan bisa menyimpan energi selama beberapa bulan. Kebanyakan jam tangan kinetik mempunyai indikator daya yang menunjukkan cadangan daya yang masih tersedia.

4.Fitur Jam Tangan Kinetik


Jam tangan ini juga mempunyai sensor yang memberitahu pemakainya ketika jam tidak aktif selama minimal 24 jam. Jika tidak mendeteksi adanya gerakan, sensor akan menginformasikan jam semoga berada dalam ‘sleep mode’. Untuk mengaktifkan kembali, pengguna hanya perlu memakainya dan secara otomatis jam akan mengatur ulang waktu dan tanggal pada saat itu. Beberapa model jam tangan kinetik bahkan mempunyai kemampuan untuk mengikuti keadaan dengan waktu terkini sesudah tidak digunakan lebih dari setahun.

5.Pemeliharaan


Walaupun jam tangan kinetik ramah lingkungan alasannya adalah tidak memerlukan baterai, pemeliharaan terencana tetap diperlukan. Jam mungkin memerlukan kalibrasi ulang sesudah digunakan selama beberapa tahun untuk mempertahankan akurasinya. Kapasitor utama jam tangan kinetik yang berfungsi menyimpan energi balasannya akan lama sehingga memerlukan penggantian.

6.Kelemahan Jam Tangan Kinetik

Kalau jenis mesin yang satu ini bisa dibilang untuk yang gak mau repot ganti batrai tinggal goyang sedikit jam tersebut  bisa hidup kembali. Mesin jenis ini gak semua brand jam pake, alasannya ialah mungkin jam dengan mesin ini sangat rentan terhadap benturan. Ini salah satu kelemahan jam tangan dengan jenis mesin matic. Mesin ini mempunyai ketahanan yang kurang anggun pada perubahan kondisi iklim, kelembaban dan suhu sekitar, dan pastinya alasannya adalah mesinnya sangat sensitif terhadap goncangan. Maka mesin matic ini pun menjadi sangat rentan sama yang namanya benturan....so, buat yang make jam dengan mesin matic. harus hati2 jangan dibanting-banting.
Untuk mesin jenis matic ini umumnya punya ketahanan sekitar 10-70 jam tanpa gerak (maksudnya kalo jamnya ditaro statis ga dipake ga disentuh ia butuh waktu sekitar 10-70 jam sampe balasannya kehabisan tenaga). Ketahanan ini bergantung dari brand jam dan mesinnya serta perlakuan awal nya. Tapi jangan takut, kalau jam matic mati, tinggal goyang aja atau puter knop maticnya dijamin hidup kembali jamnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 6 Hal Yang Harus Anda Tau Sebelum Membeli Jam Tangan Kinetik"

Posting Komentar